Mengobati Mata Ikan Secara Alami

Mengobati Mata Ikan Secara Alami - Selamat datang kembali para pembaca artikel kesehatan kami. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang mata ikan, yang sebelumnya sudah kita diartikel sebelumnya tentang peyebab mata ikan, sekarang kita akan membahas tentang cara untuk menghilangkan mata ikan secara alami. Untuk mengetahui caranya, yuk!! mari simak pembahasanya berikut ini. 

Berikut Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami



Bagi seseorang yang aktif bergerak, wajar jika sesekali tumbuh yang namanya mata ikan di bagian kaki maupun tangan. Kulit menebal, bulatan menonjol, dan seperti ada inti di tengahnya tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. 
Namun anda tidak usah khwatir, karena kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan sederahana di rumah dengan menggunakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan. 

Berikut bahan alami yang bisa untuk menghilangkan mata ikan, seperti:

1. Baking Soda

Baking soda pun ampuh mengikis sel kulit mati. Lebih dari itu, bahan ajaib satu ini juga bersifat antiseptik sehingga bisa membebaskan kulit dari infeksi. 

Bahan-bahan yang diperlukan: 

  • 1 sdm baking soda 
  • 1 sdm air 
  • 1 sdt perasan jeruk nipis (opsional) 

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan mata ikan: 

Campur baking soda dengan air (dan jeruk nipis) sehingga terbentuk pasta. Oleskan pasta ke kulit yang mengidap mata ikan. Diamkan semalaman. Lakukan setiap malam selama 5-7 hari agar mata ikannya kering dan mengelupas. Tips: Pastikan agar pasta tersebut tak sampai mengenai bagian kulit lainnya supaya tak membuat kulit sehat kering juga.

2. Garam Inggris (Epsom)

Garam Epsom mampu mengobati mata ikan karena bahan ini juga dapat mengikis sel kulit mati sekaligus menenangkan kulit dan meredakan sakit. Keunggulan lain dari bahan ini adalah mengandung agen antibakterial. 

Bahan-bahan yang diperlukan: 

  • 1 cangkir garam Epsom 
  • Air hangat 
  • Baskom kecil 
  • Batu apung 

Cara menghilangkan mata ikan dengan garam inggris: Tambahkan garam Epsom ke air hangat dalam baskom, lalu rendam kulit terinfeksi selama 10-15 menit. Begitu tekstur kulit sudah melunak, gunakan batu apung untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati. Terapkan cara menghilangkan mata ikan ini setiap hari setelah mandi.

3. Cuka Apel

Cuka Apel manjur untuk mnegikis sel kulit mati sekaligus melunakkan mta ikan. Bukan hanya itu, kandungan antibakterial alaminya mampu membunuh bakteri yang mungkin terdapat di area terinfeksi. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Air hangat
  • 1 sdm cuka apel
  • 1-2 tetes minyak tea tree
  • Cotton ball

Cara menggunaknnya: 
Setelah merendam bagian terinfeksi dengan air hangat  selama beberapa menit, oleskan cuka apel dengan bantuan cotton ball. Kemudian tken cotton ball selama 5 menit. Lalu biarkan cukanya hingga kering, baru kemudian aplikasikan minyak tea tree-nya (tak perlu dibilas). Ulangi metode ini setiap hari hingga mata ikannya hilang.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil mampu melunakkan tekstur mata ikan sehingga lama-kelamaan akan menghilangkan dari kulit. Trik mengobati mata ikan dengan minyak kastor ini merupakan salah satu yang terbaik, mengingat hasilnya cukup kilat. Anda bahkan bisa melihat khasiatnya dalam waktu 3-4 hari saja. 

Berikut cara menghilangkan mata ikan dengan minyak jarak: Oleskan minyak kastor tepat pada mata ikan, 3 kali sehari. Ulangi setiap hari hingga mata ikannya hilang.

5. Batu Apung

Karena mata ikan merupakan timbunan sel kulit mati, jadi cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan menggosok area tersebut dengan batu apung. 

Cara menggunakan batu apung untuk menghilangkan mata ikan:
Rendam bagian kulit yang mengidap mata ikan dalam air hangat selama 5-7 menit. lalu perlahan gosokkan batu apung di bagian tersebut selama 2-3 menit. Lakukan setiap hari sehingga mata ikannya bisa segera sembuh.

6. Lemon

Kandungan asam dalam lemon dapat meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan mata ikan. Setelah menggunakannya, Anda akan melihat bahwa ukuran mata ikan kian mengecil dalam beberapa hari. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Potongan lemon
  • Perban

Untuk cara menggunakan lemon untuk menghilangkan mata ikan: Tempelkan potongan lemon ke mata ikan, amankan itu dengan perban. Lalu diamkan semalaman. Lanjutkan cara menghilangkan mata ikan ini hingga itu hilang total.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat baik dalam melembabkan kulit. Nanti begitu kulit sudah lembut, maka lebih mudah untuk mengikis mata ikan mengguanakan batu apung.

Cara untuk menghilangkan mata ikanya: Oleskan minyak kelapa ke kulit sambil memijatnya beberapa menit. Terus lakukan sebanyak 3 kali sehari. 

8. Buah Nanas

Buah nanas tak hanya bisa menghilangkan rasa sakit, namun bisa mempercepat penyembuhan mata ikan. Semua itu berkat kandungan enzim bromelainnya yang bisa melunakan tekstur mata ikan. 

Berikut Cara menghilangkan mata ikan dengan nanas:

  • Iris itips buah nanas, kemudian tempelkan irisan semalaman di atas area mata ikan.
  • Gunakan perban untuk membungkus kulit agar potongan buah tak terlepas.
  • Lakukan setiap malam hingga mata ikan hilang
9. Pepaya

Sudah lama sekali pepaya dikenal akan kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu buah ini mengandung vitamin C tinggi yang ampuh mengikis sel kulit mati berkat kandungan papainnya. 

Untuk cara menggunakanya: 
  • Aplikasikan potongan kecil pepaya ke area terinfeksi lalu diamkan semalaman.
  • Jika kesulitan menempelkan bentuk potongannya, maka bisa dengan membuat jus pepaya segar
  • Ulangi setiap malam hingga mata ikan hilang.

10. Menggunakan Kunyit

Yang membuat kunyit efektif mengobati mata ikan yaitu kandungan antimikrobanya. Apabila bahan ini digunakan bersama madu yang menenangkan, maka mata ikan bisa sembuh dalam beberapa hari saja.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 sdm bubuk kunyit
  • 1 -1 stngh sdm madu

Untuk cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan mata ikan: 
Buatlah pasta pekat dari campuran bubuk kunyit dan madu. Lalu oleskan itu ke bagian terinfeksi mata ikan, lalu biarkan past mengering dengan sendirinya. Bilas begitu sudah kering. Setelah itu ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari. Tunggu sampe 2-3 hari, mata ikan akan semkain mengecil lalu hilang,

11. Bawang Putih

Biasanya bawang putih sering dikenal dan dipakai untuk mengobati berbagai penyakit kulit, salah satunya adalah mata ikan. Bahan ini merupakan salah satu yang terbaik untuk digunakan di malam hari. Dari hasil riset menunjukan kalau bawang putih efektif menghilangkan jaringan mata ikan dari tubuh. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 siung bawang putih
  • Perban

Untuk cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih:
Belah bawang putih menjadi 2 bagian, lalu gosokkan salah satunya ke mata ikan selama 1 menit. Lalu tempelkan sisanya ke mata ikan, lalu tutupi dengan perban, diamkan semalaman. Pada paginya, bersihkan area tersebut selagi mandi. Lakukan setiap malam selama beberapa hari hingga mata ikannya hilang.

12. Bawang Bombay

Bawang bombay mengandung antioksidan yang mampu mempercepat proses penyembuhan mata ikan. Selain itu, bahan ini juga efektif menghilangkan bekas luka pada kulit.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Potongan bawang bombay
  • Perban

Untuk cara menggunaknnya:
Tempelkan potongan bawang bombay di atas mata ikan, lalu amankan dengan perban. Kemudian diamkan semalaman, lalu lepas keesokan harinya. Lakukan setiap hari hingga terlihat hasil yang diinginkan. 

Nah' mungkin itulah beberpa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai mengobati mata ikan secara alami. Silahkan anda coba aplikasikan dirumah. Semoga dari beberpa cara pengobatan alami tersebut bisa membantu anda mengobati dan menghilangkan mata ikan. Terimakasih.

Mengobati Mata Ikan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment