Penyebab Penyakit Mata Ikan Yang Perlu Anda Ketahui

Mata Ikan - Selamat datang kembali para pembaca setia artikel kesehatan di situs kami. Untuk kali ini kami akan sedikit memberikan informasi dan pebahasan tentang Penybebab penyakit mata ikan yang perlu anda ketahui. Mungkin anda sedang mengalmi maka ikan? Penyakit mata ikan biasa muncul dimana saja. Walupun seringnya muncul di telapak kaki, penyakit ini juga bisa muncuk di bagian tubuh lain seperti telapak tangan, jari, bahkan wajah. Ternyta mata ikan di kaki ternyata sifatnya menulah, kobisa? Mari simak ulasanya berikut ini.

Penyebab Penyakit Mata Ikan Yang Perlu Anda Ketahui




Penyakit mata ikan ini sendiri disebabkan oleh virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Selain di telapak kaki, penyakit ini juga kadang timbul di tumit, jari-jari kaki, telapak tangan, jari-jari tangan, hingga wajah dan mulut. Namun mata ikan ini kebanyakan terjadi di daerah kaki saja. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah penebalan dan pengerasan pada bagian kulit. Selain itu, tampak pula benjolan-benjolan kecil seperti mata ikan sehingga penyakit ini kemudian populer dengan istilah mata ikan atau mata iwak. Benjolan tersebut kadang bergerombol di satu tempat dan kadang berpisah sendiri-sendiri.

Virus Human Papillomavirus (HPV) yang merupakan penyebab dari penyakit mata ikan dapat timbul karena beberapa macam kondisi. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab mata ikan di kaki ataupun di tangan: 

Kebersihan tidak terjaga, seperti sepatu atau kaus kaki yang kotor dan lembab karena tidak pernah dicuci atau diganti. Tekanan yang berlebihan akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit atau cara berjalan yang salah. Adanya gesekan secara terus menerus pada area kaki atau tangan. Penggunaan kamar mandi secara bersamaan, seperti di tempat kost, gym, dan lainnya. Dari berbagai poin di atas, tampak jelas jika penyebab utama dari mata ikan ini adalah kebersihan dan juga tekanan yang berlebihan.

Berbeda dengan kapalan atau kutil, penyakit ini lebih kecil dan memiliki bagian tengah yang keras dikelilingi oleh kulit yang meradang. Selain itu, mata ikan di kaki juga teras menyakitkan apabila disentuh. Siapapun dapat mengalami penyakit ini. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, diantaranya:

  • Sering memaki sepatu yang kekecilan atau kelonggaran
  • Tidak menggunakan kaus kaki
  • Bunions, benjolan tulang abnormal yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki 
  • Memiliki kaki pecah-pecah
  • Kebiasan berjalan tanpa alas kaki
  • Pernah mengalami penyakit ini sebelumnya
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Anak-anak dan remaja
Dari banyak kasus, mata ikan di kaki bukanlah suatu masalah kesehatan yang serius. Namun, meski begiut, jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri ketika Anda ingin melakukan aktivits sehari-hari.

Berikut Jenis Mata Ikan Yang Berada Di Kaki

1. Heloma Molles

Kondisi ini bisa terjadi ketika ujung tulang kaki Anda yang terlalu lebar membuat gesekan di antra kaki. Meski begitu, orang-orang yang memiliki jari kaki normal juga dapat mengalami kondisi ini. Mata ikan di kaki jenis ini cenderung berwarna ke[utihan dengan teksturnya lebih kenyal. Bisanya kondisi lebih sering terjadi di antara jari-jari kakai, di area kulit yang basah dan berkeringat. 

2. Heloma Durums 

Heloma durums adalah jenis yang paling umum dialami banyak orang. Apabila anda sering memakai sepatu yang kecil sehingga membuat jari-jari kaki melengkung di dalam sepatu, hal tersebut dapat menyebabkan mata ikan di kaki jadi keras.
Selain itu, ujung jari yang menekuk juga memberikan tekanan pada alas sepatu, sehingga mata ikan di kaki bisa timbul untuk melindungi jaringan bawah kulit. 

Apabila Terkena Mata Ikan, Apa Harus Melakukan Oprasi?

Apbila berbagai cara yang sudah dilakukan untuk mengobati mata ikan tetapi tidak berpengaruh untuk menghilangkan mata ikan di kaki anda atau justru memperparah kondisi anda, dokter mungkin akan menganjurkan untuk melakukan oprasi mata ikan. Oprasi mata ikan sering menjadi pilihan terbaik untuk menghialngkan mata ikan. Biasanya prosedur ini dilakukan dengan cara memotong bagian kulit yang menebal dan mengeras menggunakan pisau bedah. Oprasi mata ikan dilakukan untuk mengurangi tekanan pada jaringan di bawah area yang terinfeksi.

Berikut Cara Supaya Tidak Terkena Mata Ikan

Sebenarnya setiap orang memiliki pertahanan sistem imun yang berbeda-beda. Pada orang dengan masalah sistem imun, risiko penularan HPV sangat tinggi. Karena itu, cara terbaik untuk mencegah sekaligus mengobati mata ikan adalan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Hindari juga saling meminjam barang-barang pribadi dengan orang lain. Misalanya baju, pakaian dalam, handuk, sisir, alat makeuo, dan lain-lain. Maka dari iru anda perlu melakukan hal-hal ini supaya tidak terkena penyakit ini: 

1. Ganti sepatu dan kaos kaki anda setipa hari, dan biarkan sepatu anda mengering di antra selang penggunaan. Jangan kenakan sepatu atau kaos kaki orang lain, meskipun itu milih sodara atau sahabat terdekat Anda.

2. Hindari berjalan tanpa alas kaki, dan kenakanlah sandal atau alas kaki alinnya di kolam renang dan ruang loker, dan daerah umum yang hangat dan lembab lainnya dimana orang biasa pergi tanpa alas kaki. 

3. Pakai sepatu yang cocok dan tepat sesuai dengan bentuk kaki anda. Sepatu yang nyaman dapat membantu mengurangi tekanan atau gesekan di kulit kaki anda.

4. Cuci kaki Anda dengan sabun dan sikat setelah menggunakan sepatu. Lalu, bilas sampai benar-benar kering. Gunakan juga krim pelembab pada kaki Anda Secara teratur untuk melembutkan kulit kaki

5. Cuci tangan anda seksama setelah mengobati daerah yang terinfeksi, dan janganlah menyentuh bagian apapun dari tubuh anda sebelum Anda mencuci tangan. 

Nah' mungkin itulah beberapa informasi dan ulasan pengenai penyebab penyakit mata ikan yang perlu anda ketahui. Semoga dengan adanya infomasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Dan Anda bisa lebih menjaga kebersihan di dalam diri anda. Terimakasih. 


Penyebab Penyakit Mata Ikan Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment