Apakah Asam Lambung Dapat Menyebabkan Kematian?

Asam Lambung - Penyakit maag atau asam lambung bisa saja menyerang siapa saja. Biasanya, sakit maag atau asam lambung timbul akibat stres atau akibat bekteri helocbacter pylori, atupun pola makan yang tidak teratur. Jadi apabila dibiarkan penyakit ini bisa menyebabkan kematian loh? Iya, karena penyakit yang satu ini bisa dianggap sepele dan dibiarkan berlarut-larut. Contoh kasus dari Almaruh seniman Didi petet, pada tahun 2015 meninggal akibat asam lambung. Begitu pula dengan Jean Patty, kontestan Putri Indonesia 2016, yang berasal dari Maluku, dikabarkan juga meninggal akibat penyakit asam lambung dan yang terbaru ada kabar dari Dokter Ryuan Thamrin yang dikenal sebagai pemandu acara Dr. Oz Indonesia ini meninggal duni akibat penyakit maag akut. Dokter berusia 39 tahun tersebut ternyata sudah menderita penyakit maag akut selama 1 tahun belakangan. Tentunya dengan kabar itu mengagetkan banyak orang. Karena tidak banyak yang menyangka kalau penyakit maag bisa meregang nyawa seseorang. Nyatanya, maag atau asam lambung yang tidak diobati bisa berkembang menjadi maag akut atau kronis, yang sangat berbahaya.

Apakah Asam Lambung Dapat Menyebabkan Kematian?



Menurut jawaban dari dr. Prasetyo dikutip dari Aloddokter.com. Penyakit maag/asam lambung kronis, atau yang disebut juga sebagai gastritis kronis adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada lapisan mukosa lambung. Hal ini terjadi akibat tidak seimbangnya antara faktor proteksi dan iritasi pada lambung. sehingga terjadi peradangan hingga luka pada bagian lambung, bila hal ini terus terjadi berulang dan menimbulkan rasa nyeri semakin hebat, hingga terjadi lubang pada lambung.
Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang meulas pada perut yang disebut dengan peritonitis, kondisi ini dapat mengancam nyawa bila tidak ditangai dengan tepat dan cepat. selain itu bila asam lambung naik hingga ke kerongkongan atau tenggorokan, maka akan menyebabkan luka pada kerongkongan yang lama kelamaan dapat menyebabkan/ mencetuskan perubahan sel dan berkembang ke arah keganasan, dan masih banyak kemungkinan lain yang terjadi. Hal ini umumnya memerlukan waktu yang lama untuk terjadi, dan bila penanganan sebelumnya tidak efektif. untuk itu kami sarankan anda untuk menangani kondisi sakit maag yang anda alami saat ini dengan menemui dokter, hingga mendapat penanganan yang tuntas, dan cegah untuk terjadinya kekambuhan. 

Jika Dibiarkan Begitu Saja Asam Lambung Akan Menyebabkan Komplikasi 

  • Esofagus Barrett, yaitu paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut berisiko mengakibatkan kanker kerongkongan.
  • Penyempitan esofagus. Penyempitan atau striktur esofagus bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang bisa muncul berupa sulit menelan dan nyeri dada.
  • Stenosis Pilorus. Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus dalam jangka panjang. Paparan menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Akibatnya, makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. Selain itu, muntah-muntah juga bisa dialami oleh penderita stenosis pilorus.

Selain komplikasi di atas, maag akut juga bisa menyebabkan beberapa penyakit dan kondisi kronis lainnya, seperti:

  • Hepatitis A.
  • Daya tahan tubuh yang sangat lemah.
  • Sembelit dan perdarahan.
  • Kanker lambung.

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan dirumah untuk mengurangi keluhan yang anda alami:

  • Konsumsi makanan tepat waktu (sarapan, makan siang dan makan malam)
  • Usahakan ada makanan selingan disetiap waktu, seperti buah atau roti
  • Hindari makanan yang dapat mengiritasi seperti makanan pedas, asam, berminyak, terlalu panas, dan sebaagainya
  • Bila anda masih merasa mual, konsumsi pola makan sedikit tapi sering
  • Bila tenggorokan anda masih terasa mengganjal, konsumsi makanan yang lunak / lembut lebih disarankan
  • Istitrahat yang cukup
  • Konsumsi buah dan sayuran
  • Konsumsi obat lambung antasida yang dijual bebas di apotik bila keluhan nyeri perut timbul (baca aturan pakai, kontraindikasi, dan perhatian sebelum mengonsumsi)
Asam lambung pada umumnya memang bukan penyakit yang membahyakan jiwa. Namun apabila dibiarkan begitu saja, maag bisa berkembang menjadi asam lambung atau maag akut. Asam lambung atau maag akut itulah yang bisa membahayakan nyawa penederitanya. Maka dari itu marilah kita mualai jalani gaya hidup sehat dengan meneraokan poala makan teratur dan makan makanan yang sehat.






Apakah Asam Lambung Dapat Menyebabkan Kematian? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment