Bahaya Asam Lambung Jika Terus Dibarkan Dan Tidak Ditangani

Asam Lambung Jika Tidak Ditangani Dengan Segera Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit Kesehatan 

Cairan lambung atau  yang bisa dikenal dengan asam lambung berguna dalam proses pencernaan kita. Karen guna cairan lambung ini meliputi fungsi penyerapan nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12 untuk membunuh bakteri yang tertelan bersama makanan. Cairan lambung tersebut terdiri daari campuran air, asam klorida, pepsin, faktor intrinsik, lendir, elektrolit (natrium, kalium, kalsium, fosfat, sulfat, dan bikarbonat), dan zat organik (lendir, pepsins, dan protein). Cairan ini sangat asam dan berisiko mengikis dinding lambung karena terdapat kandungan asam klorida. Jika berlebihan dan didiamkan begitu saja, bahaya asam lambung bisa mengintai kesehatan tubuh. Berikut beberapa penyakit yang bisa ditimbulakan karena asam lambung:



GERD atau Penyakit Asam Lambung

Gastreosophageal refluk disease atau GRED merupakan penyakit pencernaan kronis yang terjadi ketika asam lambung atau isi perut naik kembali ke kerongkongan hingga mengiritasi lapisan kerongkongan. GRED ini ditandai dengan heartburn yang muncul lebih dari dua kali dalam seminggu atau jika dokter menemukan iritasi di kerongkongan anda. Bahaya dari asam lambung ini bisa diobati dengan mengubah gaya hidup dan mengkonsumsi obat-obatan, namun ada juga yang memerlukan oprasi.

Heartbrun

Heartbrun atau nyeri uluh hati adalah sensasi nyeri dan perih di dada atu tenggorokan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, yaitu saluran yang membawa makanan dari mulut ke perut. Rasa sakit yang diraskan bisa menjadi lebih parah ketika kita berbaring atau membungkuk. Heartbrun yang terjadi sesekali saj bisanya tidak perlu dikhawatirkan dan dapat diobati dengan obat- obatan yang dijual bebas. Namun, jika sering terjadi atau sampai menggangu rutinitas harian kita, perawatan medis lanjutan kemungkinan diperlukan. Karena kondisi ini bisanya merupakan gejala yang serius.

Esofagus Barrett

Jika tidak ditangani dan diobati selama bertahun-tahun, asam lambung yang terus naik dapat menyebakan esofagus Barret. Bahaya asam lambung yang satu ini merupakan komplikasi seirus dari penyakit GERD. Pada esofagus Barrett, jaringan normal yang melapis esofagus berubah menjadi jaringan yang menyerupai lapisan usus. Bisanya penyakit ini tidak memiliki gejala yang berhubungan dengan GERD. Bahaya utama dari kondisi ini adalah risiko terjadinya kanker esofagus yang dapat berisiko kematian. Dalam tahap ini biasanya dokter dapat mendiagnosis esofagus barrett dengan melakukan prosedur endoskopi.

Radang Pada Kerongkongan

Ketika sudah memasuki kerongkongan, bahaya asam lambung yang naik keatas bisa menyebabkan esofagitis (cairan asam lambung mengiritasi lapisan esofagus hingga membengkak dan terasa sakit saat menelan). Hal ini bisa menimbulkan peradangan bahkan hingga borok atu luka di kerongkongan, dan striktur esofagus (penyempitan kerongkongan).

Gigi Rusak  

Asam lambung dan ciran yang naik ke esofagus dan mulut dapat mengikis enamel (email) pada gigi atau lapisan luar gigi yang keras. Akibatnya, gigi menjadi rusak. Biasanya orang-orang tidak menyadari kerusakan gigi yang dialami sampai akhirnya mencapai stadium lanjut.

Masalah Pernapasan

Asam lambung juga bisa memperparah penyakit asma atau pneumonia hingga menyebabkan sesak napas dan kesulitan bernapas. Hal ini terjadi bila asam lambung yang naik tidak sengaja tersedot saat bernapas.

Kanker Kerongkongan 

Dalam kasus yang sangat serius, bahaya asam lambung yang tidak diobati dapat menyebabkan kanker kerongkongan. Menderita GERD bisa sedikit meningkatkan peluang kita untuk terserang jenis kanker ini. Tanda-tanda kanker kerongkongan seperti penurunan berat badan, nyeri di dada dan sulit  menelan, bahan baru muncul setelah penyakit mencapai tahap lanjut yang sudah sulit untuk diobati. Bisanya kondisi ini biasa terjadi pada orang dengan riwayat GERD menahun dan berusia diatas 50 tahun.

Nah, mungkin itulah berbahyanya dari penyakit asam lambung apabila tidak ditangani dan dibiarkan begitu saja. Jadi kita harus selalu mewaspadi penyakit ini. Jika anda memiliki masalah pada lambung, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Jangan sampai dibiarkan yang akhirnya penyakit asam lambung mengganggu kehidupan sehari-hari anda.












Bahaya Asam Lambung Jika Terus Dibarkan Dan Tidak Ditangani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment