Faktor - Faktor Asam Lambung Naik

Faktor-Faktor Penyebab Asam Lambung Naik

Apakah anda pernah meraskan asam lambung? Penyebab asam lambung wajib anda ketahui. Karena faktanya, semua orang pasti pernah merasakan asam lambung. Asam lambung sebenarnya bukan nama penyakit. Asam lambung berada di tubuh kita untuk mengerjakan fungsinya dalam sistem tubuh. Apabila tidak ada asam lambung maka sistem metabolisme dalam tubuh kita akan berjalan dengan baik. Berikut beberapa fungsi asam lambung yang sangat penting bagi tubuh:


  1. Asam lambung berfungsi untuk membantu tubuh dalam penyerapan terhadap vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh untuk membantu produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.
  2. Asam lambung berfungsi untuk membantu produksi enzim khusus yang bekerja untuk melawan semua kuman dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan dari makanan dan minuman.
  3. Asam lambung berfungsi untuk pencernaan manusia. Asam lambung membantu tubuh dalam mengelah protein.
Selain itu ada masalah lambung. Biasanya masalah lambung yang dirasakan karena asam lambung terlalu tinggi atau terlalu rendah maka dapat menyebabkan kondisi ini menjadi penyakit khusus. Akibat ketidak seimbangan asam lambung dalam tubuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini yang sering kita sebut penyakit asam lambung. Berikut ini beberapa gejal asam lambung yang sering terjadi.
  • Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.
  • Rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti nyeri kembung dan panas.
  • Sering mengeluarkan sendawa
  • Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mula dan muntah.
  • Nafsu makan yan turun karena merasa kenyang.
  • Merasa lapar tapi tidak nyaman bila makan.

Faktor-Faktor Penyebab Asam Lambung Naik

Ada beberapa faktor penyebab asam lambung naik atau penyebab tidak berfungsinya penutup lambung tersebut sehingga menyebabkan naik nya asam lambung hingga ke tenggorokan. Dan berikut faktor-faktor penyebab asam lambung:
  • Efek samping obat
Faktor penyebab asam lambung naik yang akan menyebabkan mual dan muntah bahkan merasakan panas pada bagian tenggorokan pun juga bisa karena efek samping. Penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung bermasalah dan biasanya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.
  • Hormon
Salah satu faktor penyebab asam lambung naik yaitu karna hormon, biasanya perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Karena hormon bisa menyebabkan asam lambung naik, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan melemah sehingga bisa mengakibatkan naiknya asam lambung. Biasanya banyak wanita yang sering mengalami asam lambung, karena wanita yang paling sering mengalami perubahan hormon, terlebih pada wanita hamil.
  • Hernia
Faktor penyebab asam lambung bisa juga dari memliki penyakit hernnia, karena otot pada bagian lambung bisa lemah akibat adanya penyakit hernia di dalam tubuh. Sehingga penyakit hernia akan memicu naiknya asam lambung.

  • Makanan

Pada bagian otot lambung juga bisa lemah dikarenakan oleh makanan. Karena faktor penyebab asam lambung yang paling sering terjadi kerena kandungan makan yang sering dikonsumsi mengandung terlalu banyak alkohol,asam, dan kafein bisa menyebabkan bagian otot lambug lemah atau pun rileks. Maka dari itu mengkonsumsi minuman berakohol, kopi, dan cokalat yang terlalu sering akan menyebabkan naiknya asam lambung karena permasalahan pada bagian otot lambung dari zat makanan tersebut. Selain itu juga faktor penyebab asam lambung bisa karena tidak mengontrol makanan dengan baik, dan menyebabkan obesitas atau berat badan berlebihan juga pada penderita penderita penyakit asam lambung.

  • Rokok

Faktor penyebab asam lambung juga bisa karena rokok, karena penggunaan rokok yang terlalu sering makan akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah. Maka dari itu penderita asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah.

Faktor - Faktor Asam Lambung Naik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment