Gejala Asam Lambung

10 Gejala Asam Lambung Yang Umum Di Alami Penderita Asam Lambung.



Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Brikut adalah 10 gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

1. Perut terasa nyeri dan perih

Asam lambung memiliki gejala yang mirip dengan sakit maag. Salah satunya yang mirip adalah sama- sama memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Namun bedanya adalah, rasa nyeri yang disebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul ketika anda mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh anda. Biasanya makanan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung antra lain seperti: Makanan yang bersifat asam, seperti cuka dan buah yang asam, dan nangka muda serta makanan yang bersifat asam lainya.

2. Perut terasa mual dan kembung

Salah satu efek lanjut dari gejala naiknya asam lambung adalah terasa mual pada bagian lambung dan perut anda. Rasa mual akan muncul karena adanya  rasa perih dan nyeri pada bagian lambung anda, sehingga seolah-olah bagian lambung terasa begah dan kembung karena naiknya asam lambung. Bisanya mual-mual diraskan setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

3. Heratbrun

Heratbrun adalah sensasi yang anda rasakan ketika asam lambung naik sampai ke esofagus. Biasanya anda akan merasakan dada terasa panas seperti terbakar dnegan tingkat nyeri yang berbeda-beda. Namun jika sudah parah gejala ini bisa menyebabkan dada terasa sangat nyeri. Kondisi seperti itu juga dapat bertahan beberapa jam dan semakain buruk setelah makan.

4. Muntah - muntah

Salah satu gejala naiknya asam lambung adalah muntah-muntah. Muntahnya yang terkenan asam lambung berbeda dengan muntah biasa. Bisanya muntah karena efek makanan atau efek dari penyakit lain, biasanya sebelum muntah akan diawali oelh gejala reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsumsi makanan ynag memiliki kadar asam yang tinggi.

5. Bersendawa, mual, dan cegukan

Gejala ini bisanya anda alami. Bisanya anda mengalami sendaw, mual dan cegukan juga diikuti dengan aroma yang tidak sedap.

6. Mulut terasa pahit

Selain bersendawa dan muntah-muntah, gejala lain yang dirasakan karena lanjutan dari grjala reflux yang terjadi pada tubuh penderitanya adalah kondisi mulut yang terasa pahit. Mulut terasa pahit karena efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

7. Pruduksi air liur yang berlebihan

Asam lambung naik bisanya dapat menyebabkan produksi saliva (air liur) meningkat. Hal ini terkait dengan respon tubuh anda untuk mengeluarkan sesuatu yang mengiritasi kerongkongan.

8. Sulit menelan makan

Terjadinya sulit menelan makanan diakibatkan karena terkadang asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat dan membantu penderitanya merasa bahwa bagian tenggorokannya mengalami benjolan-benjolan yang menghalangi prosestertelanya makanan menuju ke lambung.

9. Laringitis

Laringitis mrupakan suatu bentuk peradangan yang muncul pada bagian laring atau pita suara. Terjadinya laringitis karena naiknya zat asam ke daerah kerongkongan dan tenggorokan sehingga dapat meninfekasi bagian pita suara seseorang, walaupun tidak sampai merusak pita suara.

10. Feses akan berwarana kehitaman disertai darah

Bisanya hal ini terjadi karena kondisi yang sudah parah, peningkatan asam lambung dapat menyebabkan tinja berwarna hitam, berlendir atau mengandung darah. Jika kondisi ini terjadi, anda harus segera periksaakan ke dokter supaya dapat penanganan lebih lanjut.

Mungkin itulah 10 gejal asam lambung yang umum terjadi. Semoga bisa bermanfaat. 

Gejala Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment