Cara Terbaik Mengatsai Asam Lambung Naik

Apakah Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan?


Asam lambung diakibatkan karena otot cincin (sfingter) lambung yang tidak berfungsi normal. Tidak ada obat asam lambung yang dapat membuat otot tersebut kembali secara normal, tapi obat-obatan berikut ini bisa membantu meredakan gejala dan mencegahnya akar tidak kambuh kembali.


Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Harus Anda Ketahui

Mungkin selain dengan obat, sakit lambung bisa mudah diatasi dengan lewat pengaturan makan yang lebih sehat dan seimbang. Berikut beberapa pola makan yang perlu anda perhatikan dan ketahui untuk membantu mengatasi asam lambung kambuhan :

  • Perhatikan porsi makan

Cara megatasi asam lambung dengan memperhatikan porsi makan karena dalam porsi makan yang besar dapat memicu refluks. Untuk menghindari kelaparan, namun sebaiknya anda makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil.

  • Hindari ngemil di waktu malam hari

Untuk kebiasan satu ini dapat membuat pencernaan kesulitan untuk menceran makanan yang terlalu banyak. Yang akhirnya berakibat tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama pula untuk mencerna makanan tersebut.

  • Makan lebih teratur
Salah satu penyebab kenaikan asam lambung bisa karena pola makan yang tidak teratur. Jadi karena itu, usahakan untuk memiliki jam makan yang sama setiap hari. Selain itu, anda juga disarankan untuk tidak makanan dua jam sebelum tidur karena hal itu bisa memicu asam naik ke tenggorokan saat tidur.
  • Hindari minum air terlalu banyak saat makan
Minum terlalu banyak ditengah waktu makan bisa mencairkan asam di lambung dan membuat makanan yang anda konsumsi lebih sulit untu dicerna.
  • Mengunyah makanan dengan benar
Mungkin terlihat sepelem tapi cara satu ini sangat penting untuk diperhatikan juga. Karena hal ini dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala asam lambung yang anda alami.

Jenis Obat Asam Lambung Yang Dijual Bebas Dan Dengan Resep Dokter

Berikut jenis obat asam lambung yang dijual bebas

Obat ini biasanya anda bisa temukan dengan mudah di apotek, toko obat, atau bahkan di warung tanpa harus menebus resep dokter. Secara umum, ada tiga jenis obat bebas yang bisa untuk mengatasi asam lambung, diantaranya:
  • H-2 receptor blockers. Histamin-2 (H-2) receptor blockers bisanya digunakan untuk mengurangi produksi asam di lambung. Contoh obat jenis ini ialah Cimetidine (Tagamet), nizatidine (Axid AR), ranitidine (Zantac) dan farmotidine (Pepcid). Efek H2 receptor blockers tidak secepat antasida tapi obat ini dapat menurunkan produksi asasm di lambung hingga 12 jam.
  • Antasida. Ada beberapa antasida mengandung simetikon, yaitu suatu bahan yang membantu menyingkirkan gas berlebihan dalam tubuh. Contoh obat antasida adalah Mylanta, Malox, Rolaids, Gaviscon, Gelusil, dan Tums.
  • Proton pump inhibitors (PPIs). Proton pump inhibitors adalah salah satu obat bebas yang lebih kuat mengatasi asam lambung ketimbang antasida dan H2 receptor blockers. Contoh obat jenis ini adalah omeprazole (Prilosec) dan Iansoprazole (Prevacid 24 HR).
Tapi haru selalu di ingat, selalu baca petunjuk cara pemaikan obat asam lambung yang tertera di label informasi produk. Baca dengan teliti berapa dosis yang anda butuhkan dan interaksi apa saja yang mungkin terjadi dari penggunaan obat tersebut. Bila kondisi anda tidak mengalami perubahan setelah dua minggu mengkonsumsi obat bebas, segera periksakan diri anda ke dokter.

Berikut Obat Asam Lambung Yang Perlu Resep Dokter

Apabila kondisi anda tidak juga kunjung sembuh dan membaik dengan obat bebas, sebaiknya anda periksaakan kedokter nanti mungkin anda akan meresepkan obat yang lebih manjur untuk mengatasi asam lambung dari dokter biasanya tak jauh berbeda dengan obat yang dijula di pasaran, keculai obat yang membutuhkan dosis yang lebih tinggi. Berikut contoh obat asam lambung dari dokter bisanya tak jauh berbeda dengan obat yang dijual di pasaran, kecuali obat yang membutuhkan dosis yang lebih tinggi. Contoh obat asam lambung yang memerlukan resep dokter:
  • Obat penguat sfinger esofagus bagain bawah. Baclofen (Lioresal) adalah pergangan otot dan obat antispastik yang digunakan untuk memperkuat sfinger esofagus bagian bawah. Namun, efek samping bacoflen dapat menyebabkan kelelahan atau mual.
  • H-2 receptor blockers dengan resep. H-2 recptor blockers yang menggunakan resep umumnya dapat meredakan mulas dan mengobati refluks. Contoh obatnya adalah famotidine (Pepcid), Nizatidine (Axid), cimeridine (Tagamet HB200), dan ranatidine (Zantac).
  • Proton pump inhibitors (PPIs) dengan resep. Obat ini paling baik dikonsumsi satu jam sebelum makan. Contoh obat proton pump inhibitors yang perlu resep dokter adalah esomeprazole (Neximu), lansoprazole (Prevacid), omeprazole (Prilosec, Zegrid), pantoprazole (Protonix), rabeprazole (Aciphex) dan dexlansoprazole (Dexilant)
Apabila Anda masih merasa sakit asam lambung meski sudah melakukan pengobatan seperti yang sudah disebutkan di atas, prosedur oprasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter. Prosedur oprasi ini biasanya akan memulihkan fungsi otot sfinger esofagus bagian bawah, meski begitu, oprasi tetap tidak bisa mengambil fungsinya secara normal.














Cara Terbaik Mengatsai Asam Lambung Naik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment