Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Makanan Yang Baik Untuk Di Konsumsi Untuk Penderita Asam Lambung



Bagi Anda yang mungkin sering mengalami sakit maag atau sakit perut dan perut terasa mual setelah makan makanan jenis tertentu, kemungkinan mengalami gangguan asam lambung. Mungkin terdapat beberapa cara untuk mengatasi penyakit asam lambung, selian menggunakan obat-obatan medis, terdapat beberapa menu makanan untuk membantu menetralisir asam lambung dan meredakan gejala yang menyertainya.
Selain itu bagi anda yang menderita penyakit asam lambung, untuk memilih-milih makanan menjadi sangat penting dan bisa cukup membingungkan. Biasanya salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat dan GRED pun kambuh. Berikut ada beberapa pilihan makanan untuk penderita asam lambung.

Daging Tanpa Lemak


Mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan bai penderita asam lambung. Karena jika anda ingin mengkonsumsi ikan, makanan laut atau daging, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

Oatmeal


Bagi penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambungnya. Karena Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga bisa menurunkan gejal reflux. Selasin itu oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Sayuran Hijau


Biasanya sayuran hijau seperti, kembang kol, brokoli, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Sehingga sayuran-sayuran tersebut baus dikonsumsi sebagai makanan untuk pendeirta asam lambung.

Roti


Pilihan roti yang disarankan dikonsumsi bagi penderita asam lambung ialah roti yang memiliki kandungan gandung atau beragam biji-bijian di dalamnya. Karena roti jenis itu dapat mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

Jahe, Adas, Lidah Buaya


Jahe, adas. lidah buaya adalah beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. Jahe sendiri dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang ampuh mengbobati asam lambung dan merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Adas dengan pH 6,9 juga bisa dipercaaya bagus untuk pendeirta penyakit asam lambung karena dapat meningkatkan fungsi lambung. Lidah buaya terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani gejala penyakit asam lambung.

Pisang


Pisang adalah salah atu buah yang sangat populer di kalangan masyarakat luas. Karena pisang memiliki kadar kalsium, kalium dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan tulang. Selain itu, pisang juga memiliki banyak macam vitamin dalam sattu buahnya. Selain banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, pisang juga memiliki kemampuan untu menyeimbangkan pH atau kadar keasaman di dalam lambung

Semangka


Buah semangka selain memiliki kadar air yang sangat tinggi dengan rasanya manis dan menyegarkan. Selain dapat menyegarkan tubuh, semangka juga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Buah semangka dapat membantu terciptanya amonia, yang dapat mempertahankan tingkat keasamaan di dalam lambung.


Air Kelapa


Air kelapa adalah jenis minuman yang sangat menyegarkan bagi tubuh. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga akan membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh yang berkurang karena adanya aktivitas tubuh. Elektrolit pada asir kelapa sanggup menjaga kadar keasamaan pada lambung agar tetap seimbang dan tidak meningkat. Jadi, ari kelapa akan sangat membantu bagi yang menderita asam lambung.

Susu Kambing


Susu kambing merupakan produk susu dari hewan kambing yang banyak dicari sebgai sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selian sangat berguna bagi kesehatan, susu kambing ini juga ternyta sangat baik sebagai makanan untuk penderita asam lambung, karena susu kambing memiliki sifat basa yang berbeda dengan jenis susu lainya.

Berikut Tips Menghindari Gangguan Asam Lambung

Selain mengkonsumsi makanan untuk penderita asam lambung di atas, anda juga bisa lakukan kebiasan sehat untuk menghindari gangguan asam lambung seperti dibawah ini:

  • Ikuti pola makan yang sehat
  • Minumlah air putih
  • Jangan minum kopi terlalu kental
  • Kurangi konsumsi alkohol, kopi dan teh
  • Kurangi makan makanan yang pedas dan mengandung pepsin
  • Kurangi atau berhenti mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung asam tinggi, seperti mie, ketan, kangkung, sayur daun singkong, sayur nangka, durian, makanan yang mengandung kol, dan masih banyak lagi
  • Lakukan management stress dengan baik
  • Berolahraga secara teratur
  • Beristirhat yang cukup













Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment