Pengobatan Asam Lambung Tinggi

Bagaimana Cara Pengobatan Asam Lambung Tinggi?


Untuk pengobatan asam lambung tinggi ada banyak caranya. Dimulai dari penanganan oleh sendiri, oleh penggunaan obat-obatan khusus, mungkin bisa sampai melalui prosedur oprasi sebagi langkah terakhir. Namaun berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan meredakan asam lambung tinggi:

  1. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering
  2. Jangan langsung berbaring setelah makan
  3. Hindarilah makanan yang mengandung lemak tinggi, pedas, asam, dan cokelat
  4. Hindari minuman berakohol dan kopi
  5. Hindari stres
  6. Hinari memakai pakaian yang terlalu ketat
  7. Tidur dengan bantatl yang agak tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring
  8. Menurunkan berat badan jika diperlukan

Berikut Cara Pengobatan Asam Lambung Tinggi Dengan Menggunakan Obat-obatan

  • Obat Antisida
Obat antisida ini bisa dibeli diapotek secara langsung. Obat ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Obat antisida tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan obat lain karena dapat berdampak pada tingkat penyerapan obat lain. Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit akibat tukak.
  • Obat Penghambat Reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)
Kegunaan obat ini untuk mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Histamin diperlukan tubuh untuk mengahsilkan asam lambung. Contohnya obat H2RA adalah Ranitidine dan Nizatidine. Biasanya untuk membeli obat ini harus membutuhkan resep dari dokter.
  • Penghambat Pompa Proton atau Proton-pump inhibitors (PPI)
Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam di dalm perut. Obat ini biasanya jarang memberikan efek samping yang berat. Jika pun ada, kondisinya tidak terlalu parah dan bisa berupa kosntipasi, pusing, atau diare. Misalkan obat PPI yaitu omeprazole, iansoprazole dan esomeprazole. Obat ini sama obat yang H2 harus membutuhkan resep dokter.
  • Obat Alginat
Obat Alginat biasanya dikonsumsi oleh penderita setelah makan. Obat ini berfungsi melindungi dinding perut dan esofagus atau kerongkonagan dari iritasi asam lambung yang berlebihan. Obat ini anda bisa dapatkan langsung di apotek tanpa resep dokter.
  • Obat Prokinetik
Biasanya obat ini berfungsi untuk mempercepat proses pengosongan perut. Hal ini berarti makanan dan asam lambung akan lebih cepat masuk ke dalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung naik ke esofagus. Prokinetik ini tidak disarankan untuk digunakan olej orang-orang berusia di bawah 20 tahun akibat potensi efek sampingnya. Contoh obatnya yaitu domperidone dan bethanecol. Obat ini umumnya harus memerlukan resep dokter.
  • Penanganan Dengan Oprasi
Oprasinya biasanya menjadi langkah penanganan terakhir untuk penyakit asam lambung, jika penanganan sendiri dan obat-obatan tidak jug amemberikan hasil yang signifikan. Kondisi lain ketika menjalni oprasi menjadi pilihan untuk dilakukan:

1. Terjadinya penyempitan esofagus shingga makan susah turun ke perut
2. Terjadinya peradangan yang parah pada esofagus
3. Terjadinya perubahan pada sel esofagus yang disebabkan oleh iritasi asam lambung sering disebut esofagus Barett.

  • Mengubah Pola Hidup
Mungkin selain dengan pengobatan melalui obat-obatan, mengobati asam lambung tidak lepas dengan usaha kita untuk memperbaiki pola hidup untuk menjadi lebih baik lagi.

Apabila anda masih sakit asam lambung meskipun sudah melakukan pengobatan sperti yang sudah disebutkan diatas, lebih baik anda selalu konsultasikan dengan dokter, supaya mendaptkan penanganan yang lebih.












Pengobatan Asam Lambung Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment