10 Pengobatan Asam Lambung Secara Alami (Tradisional)

Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Obat-obatan asam lambung yang dapat kita jumpai dengan bebas di warung atau apotik yang sifatnya menurunkan keasaman cairan di lambung dengan menaikan pH, untuk sementara sakit hilang. Namun kesembuhan karean asam lambung masih lemah akibat erosi dan belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung. Sedangkan untuk tumbuhan obat digunakan untuk mengatasi gangguan dan mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar lambng dan pencernaan secara umun sehingga alangkah labih baiknya anda menggunakan tanaman-tanaman obat yang memang memiliki fungsi dalam penyembuhan asam lambung alami seperti berikut:

1. Kunyit


Rasa yang agak pahit, sedikit pedas, bau khas, dan sifatnya yang sejuk dan tidak beracun menjadi obat khas asam lambung alami yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan penyakit asam lambung dan macam-macamnya karean kandungan di antaranya caffed acid dengan anti radang (anti-imflamasi), antibakteri,dll. Untuk cara membuat obat nya cukup mudah, dengan merebuas 10-25 gram rimpang kunyit, kemduian airnya diminum 2x sehari sebnyak 1 gelas setiap sekal minum.

2. Sambiloto (Andrographis paniculata)



Sambiloto sudah dipercaya sejak dulu sampai sekarang untuk dijadikan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi maslah asam lambung, hal ini dikarenakan sambiloto memiliki beberapa kandungan zat yang sangat baik untuk lambung seperti antrograhit, kalgemin, andrograpolit, garam natrium, garam kalium dan minyak goreng. Untuk cara membuat obat dari bahan sambiloto cukup mudah

  • Jemur sambiloto hingga benar-benar kering sebanyak 10-15 gram
  • Lalu rebus dengan air sehingga mendidih
  • Setelah itu saring dan minum sampai habis dalam keadaan hangat
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengobatan ini, sebaiknya mnum air rebusan danun sambiloto ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari secara teratur sampai sembuh.

3. Kumis Kucing



Untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan tanaman kumis kucing, anda bisa merebus tnaman kumis kucing ini mulai dari daun dan batang tanamannya yang sebelumnya telah dikeringkan terlebih dahulu. Cara membuat obatnya cukup mudah, rebush kumis kucing secukupnya dengan 1 gelas air hingga mendidih dan dinginkan, Minumlah air rebusan tanaman kumis kucing tersebut sampai habis dan minum secara rutin dan teratur 2 kali sekari.

4. Kencur



Tanaman obat ini yang efektif untuk mengobati asam lambung yaitu dengan menggunakan kencur. Hal ini dikarenakan, kencur memiliki kandungan zat seperti alkaloid, annisad, gom, asam metil kanis, bornenol, asam sinamat, etil ester, lamphene dan penta dekaan. Untuk cara membuat ramuanya cukup sederhana, anda cukup merebus kencur sebanyak 10-25 gram dan rebus dengan 2 gelas air. Biarkan air mendidih sampai tersisa sekitar 1 gelas, lalu minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

5. Lidah Buaya



Mungkin lidah buaya sudah banyak mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai obat herbal dan salah satu obat alami asam lambung yang berkhasiat dalam antiradang, dan menguatkan lambung. Cara pembuatan obat alaminya cukup mudah, ddengan menggunakan 10-15 gram kering daun lidah buaya atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, kemudian direbus, setelah itu diminum.

6. ADAS



Manfaat atau khasiat dari ADAS adlah memang terkhusu untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual dan kembung. Cara membuat obat dari ADAS ini mudah, dengan 1-5 gram ADAS  kering, lalu rebus dan kemudian arinya diminum.

7. Daun Sirih



Sirih dapat bermanfaat juga untu pengobatan asam lambung/maag dengan mengolah 3-5 lembar daun sirih kemudian dicuci dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa segelas air kemudian diminum.

8. Singkong



Sinkong dapat menyembuhkan asam lambung/maag dan dapat menjadi oabt tradisional dan sekaligus menjadi konsumsi anda setiap hari sebagai pengobatan dan penyembuhan asam lambung dengan cara memparut singkong, kemudian diperas, lalu diamkan beberapa menit, kemudian ambil saripatinya, kemudian diminum.

9. Mentimun



Mentimun atau ketimun adalah sayuran buah yang sangat sering kita jumpai dan dikonsumsi sebagai lalapan. Buah yang memiliki rasa segar khas ini ternyata berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit asam lambung. Mengkonsumsi beberoa potong buah mentimun setipa hari diketahui dapat menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Namun keberhasilan pengobatan tentutnya tergantung pada tingkat keparhan penyakit asam lambung yang dialami.

10. Pisang Raja



Selain mentimun, jenis buah lianya seperti buah pisang raja yang memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung adalah buah pisang raja. Pda umumnya buah pisang dikonsumsi setelah matang, namun tidak dimikian untuk mengoabti asam lambung. Buah pisang raja yang sudah tua tapi belum matang diiris tipis kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Setelah itu ditumbuk ( dihaluskan) hingga menjadi tepung. 2 sendok makan tepung pisang raja dan madu aslu secukupnya dikonsumsi pagi dan malam hari dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung.

Mungkin itulah beberap cara pengobatan alami yang dapat diajdikan obat asam lambung alami, semoga ulasan kesehatn diatas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. Terimakasih. Salam Sehat !!
















 




10 Pengobatan Asam Lambung Secara Alami (Tradisional) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment