7 Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

Biasanya saat kita terkena penyakit asam lambung, kita harus bia mengatur pola makan sebaik mungkin. Sebab, salah memilih makanan bisa membuat gejala asam lambung kian kambuh. Tidak hanya memilih jenis makanan, kita juga perlu tahu minuman apa saja yang boleh dan yan gperlu dibatasi agar asam lambung tidak naik. 
Berikut ada beberapa minuman yang aman dan ampuh meredakan gejala asam lambung.

1. Susu Rendah Lemak (Susu Skim)



Susu sapi umumnya tidak hanya dianjurkan untuk penderita asam lambung. Hal ini karena susu sapi mengandung tinggi lemak sehingga lebih sulit dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakan katup atau sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung untuk  naik ke kerongkongan.
Kalau anda ingin tetap minum susu, maka pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah untuk dicerna. Dengan begitu, katup kerongkongan (sfingter esofagus) akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.


2. Susu Nabati



 Susu nabati adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi penderita asam lambung. Jenis yang bisa kita pilih di antaranya adalah susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede. Susu almond contohnya mengandung sifat basa yang membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya. Dilansir dari laman Helathline, susu kedelai dinilai sebagai minuman untuk asam lambung yang paling aman. Pasalnya susu kedelai mengandung lebih sdikit lemak dibandingkan jenis susu lainya sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.


3. Teh Herbal



Teh herbal bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mula. Perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi. Tapi teh herbal yang bebas kafein, sperti teh chamomile dan licorice. Teh licorice alias akae manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi  dari iritasi akibat asam lambung.
Untuk cara penyajiannya juga cukup mudah. Seduh satu sendok teh herbal ke dalam satu gelas air panas, lalu diamkan kurang lebih sela, 5 sampai 10 menit.

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Hal ini peppermint dapat memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaanya cenderung sensitif. Meski begitu, tetaplah selalu konsultsikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum teh herbal.


4. Smoothie



Smoothe adalah salah satu minuman untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi. Selain mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, minuman ini juga tidak membuat asam lambung cepat kambuh. Namun untuk membuat smoothie, gunakanlah buah yang tidak mengandung banyak asam, sperti buah pir atau semangka. Kita juga mencampurkan dengan bayam agar semakin ampuh menjaga kadar asam lambung tetap normal.


5. Jus



Buah-buahn seperti jeruk, nanas, atau apel sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Karena kandungan asam pada buah-buahan tersebut dapat membuat asam lambung naik. Tapi ini bukan berarti kita lantas tak bisa mengkonsumsi buah-buahan apalgi jus buah.
Sebelum membuat jus, pilihlah buah atau sayur yang lebih rendah kandungan asamnya seperti wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya. Selain itu, kita juga bisa membuat minuman segar dari buah yang aman untuk penyakit asam lambun, seperti buah bit, semangka, dan buah pir.


6. Air Kelapa



Air kelapa menjadi salah satu minuman untuk asam lambung yang baik dikonsumi. Karena air kelap mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. 
Dengan itu, kadar asam lambung lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

7. Air Putih



Rutin minum air putih adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Namun begitu, kita perlu berhati-hati saat minum air putih. Karena kebanyakan pH air cenderung netral. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang anda konsumsi. Meski dianjurkan untuk meminum air putih, kita juga perlu membatasi air putih yang diminum. Karena, terlau banyak minum nanti dapat menggangu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

Nah, mungkin itu beberapa Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda. Terimaksih. Salam Sehat !!










7 Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment