Tips Menjaga Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung - Selamat datang kembali di situs resmi kami. Dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit memberikan informasi dan pembahasan tentang Tips Menjaga Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung. Mungkin diantara kita pernah mengalami asam lambung naik, atau memiliki riwayat penyakit asam lambung? Penyakit ini sebenarnya bisa diatasi supaya gejalanya tidak dirasakan, salah satunya yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Untuk mengetahui Tips menjga pola sehat untuk penderita asam lambung, mari simak ulasanya berikut ini.

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung



Penyakit asam lambung atau gastroesophagel reflux disease (GERD) ialah kondisi dimana asam lambung mengalir naik ke sepanjang esofagus atau kerongkongan, yang dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya. Dalam keadaan tertentu, setiap orang dapat mengalami kondisi ini. Refluks sendiri sering terjadi setelah makan, yang berlangsung dalam periode singkat dan bisa terjadi selam tidur. Untuk asam lambung sendiri merupakan masalah kesehatan yang banyak dihadapi orang dewasa. Bahkan sebuah fakta menyebtkan, 60 % dari populasi orang dewasa pernah mengalami beberapa jenis penyakit gastroesophagel reflux setiap tahun, dan 20 sampai 30 % menaku merasakan gejala setiap minggunya. Salah satu penyebab timbulnya penyakit ini yang cukup menggangu ini adalah karena pola makan sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengatasi asam lambung lewat makan? 

Memilih makanan untuk orang dengan penyakit asam lambung menjadi sangat penting dan terkadang cukup membingungkan. Salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat dan penyakit asam lambung kambuh. Seperti makanan cokelat, makanan pedas, maknan berlemak, bawang bombai, dan bawang putih umumnya dapat menjadi pemicu gejala penyakit asam lambung. 
Berikut yang disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti dibawah ini guna mengurangi gejala penyakit asam lambung yang mungkin muncul. 

1. Daging Tanpa Lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Sehingga, jika anda ingin mengkonsumsi ikan, makanan laut atau daging disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar. 

2. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus memiliki  kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Sehingga sayuran-sayuran tersebut bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

3. Oatmel

Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux. Selain itu oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Roti

Sedangkan untuk roti, pilihan roti yang disarankan dikonsumsi penderita asam lambung adalah roti yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian di dalamnya. Pasalnya, roti jenis ini dapat mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

5. Yogurt

Mengonsumsi makanan fermentasi yang kaya probiotik membantu meningkatkan kehadiran bakteri baik. "Makanan dengan bakteri sehat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi frekuensi asam lambung," kata ahli gizi, Lisa Hugh.

6. Jahe

Jahe telah lama dipercaya untuk mengobati masalah pencernaan karena sifatnya yang menenangkan. Selain itu, jahe juga merupakan makanan anti-inflamasi yang dapat membantu memerangi gejala asam lambung.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan panganan non-asam, rendah lemak, dan tinggi serat, membuat mereka pilihan yang sangat baik untuk melawan asam lambung.

8. Yogurt

Mengonsumsi makanan fermentasi yang kaya probiotik membantu meningkatkan kehadiran bakteri baik. "Makanan dengan bakteri sehat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi frekuensi asam lambung," kata ahli gizi, Lisa Hugh.

Berikut Konsumsi Buah Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

1. Apel 

Apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, D, dan B12. kalsium, besi dan megnesium juga dapat ditemukan dalam buah ini. Kandungan tersebut yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi refluks.

2. Pisang

Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini yang dapat menetralisir asam lambung dan membantu meringankan gejala. Pisang juga merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Serat pada pisang ini dapat memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi refluks.

3. Semangka 

Semangka mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino, serta kandungan air yang tinggi. Hal inilah yang membantu sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga dapat mentralkan asam di perut serta mengurangi refluks.

Buah lainnya yang baik dikonsumsi untuk orang dengan refluks asam lambung antra lain pepaya, persik, melon, dan pir. 

Berikut Tips Menjaga Keseimbangan Asam Lambung


  • Perhatikan Jam Makan 

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan terkadang membuat Anda telat atau lupa makan. Padahal, salah satu penyebab tingginya asam lambung adalah karena pola makan yang teratur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan waktu makan Anda. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari aktivitas makan dua jam sebelum tidur karena hal tersebut dapat memicu munculnya gejala asam lambung.

  • Hindari Ngemil Di Antara Waktu Makan

Hal ini dapat memberikan waktu yang cukup untuk tubuh anda mencerna makanan dengan lebih baik.

  • Pastikan Anda Mengunyah Makanan Dengan Benar

Mengunyah makanan denga baik penting agar tubuh dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah. 

  • Hindari Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan

Minum terlalu banyak air di tengah waktu makan bisa mencairkan asam lambung dan membuat makanan yang Anda konsumsi lebih sulit untuk dicerna.

  • Batasi Asupan Kafein

Kandungan asam yang tinggi dalam kopi dapat menyebabkan kesempatan otot cincin kerongkongan (esophageal sphincter) untuk melemas menjadi berkurang dan memungkinkan asam lambung untuk naik ke mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung. Dan sama halnya seperti kopi, teh (berkafein atau tidak) juga dapat memperburuk gejala maag.

Perubahan Gaya Hidup

Selain menjaga penyakit asam lambung dengan cara seperti yang diatas, anda juga harus bisa menjaga pola makan dan perubahan haya hidup untuk menghindari naiknya asam lambung.

  • Hindari berbaring setelah makan, setidaknya dua jam kemudian
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol
  • Hindari berolahrga atau beraktivitas berat tepat setelah makan, setidaknya tiga sampai lima jam kemudian.
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali makan. Butuh waktu setidaknya 20 menit bagi prut untuk memberikan sinyal kenyang ke otak. Oleh Karenanya, kunya makanan Anda secara perlahan-lahan dan mnyeluruh untuk memudahkan lambung mencernanya. Makan terburu-buru cenderung membuat anda makan terlalu banyak menelan terlalu banyak gas yang membuat perut kembung.
Nah' mungkin itulah informasi dan pembahasan mengenai Tips menjaga pola makan sehat untuk penderita asam lambung yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikle ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.











Tips Menjaga Pola Makan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment