Cara Mengobati Asam Lambung Di Rumah

Bagaimana Cara Mengobati Asam Lambung Di Rumah?

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu asam lambung? Asam lambung terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini sering disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD biasanya meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/ pahit karena asam naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman. 



Berikut Cara Mengobati Asam Lambung Di Rumah

1. Mengubah Gaya Hidup

Mengobati asam lambung tidak terlepas dengan usaha untuk memperbaiki pola hidup seperti berikut ini:

  • Menghindari makanan pemicu asam lambung dan mengatur porsi makan

Asam Lambung dapat dipicu dengan makanan yang banyak mengandung banyak lemak. Makanan berlemak susah dicerna dan dicernanya lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan beresiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.

  • Tidur yang cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh anda memperoleh hormon strees akibat kurang tidur. Kindosini jangan diabaikan, karena kondisi ini bisa menciptakan komplikasi, mulai dari tahap risiko mengalami penyakit kronis hingga akhirnya ke tahap dapat menurunkan tingkat harapan hidup. Jadi segeralah perbaiki pola tidur, agar kebutuhan akan tidur dapat tercukupi. 


  • Tidak melakukan gerakan yang melibatkan perut

Dalam hal ini tentu saja anda juga harus bisa berolahrga agar selalu sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang mungkin menjadikan perut tertekan, antara lain gerakan peregangan, naik tangga, dan membungkuk. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Namun berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah makan.


  • Perhatikan pemakaian pakaian di sekitar perut

Hindari mengunakan pakaian yang ketat di bagian perut. Hal ini karena tekanan pada pakaian ketat ini dapat memicu isi perut terpancing kembali ke esofagus dan menyebakan muntah. Untuk lebih aman gunakan pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut.

2. Berikut Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Ramuan Alami

  • Baking Soda




Dengan satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan segelas air dapat membantu menetrlakan asam lambung. Lakukan hingga empat kali sehari pada 1-2 jam setelah makan . Baking soda ini berfungsi membantu pencernaan dan menetralkan asam lambung. 

  • Jahe



Dengan menggunakan rempah ini dapat membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi. Cara menggunakanya, anda cukup menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.

  • Permen karet




Selain Baking soda dan jahe, permen karet juga bisa mengobati asam lambung, hal ini karena permen karet bebas gula yang membantu merangsang produksi air liur. Karena Air liur bersifat basa sehingga membantu menetralkan asam lambung. Pilihan permen karet karena bebas gula dan kunyah kurang lebih 30 menit setelah makan. Hindari permen karet rasa mint karena dapat memicu refluks asam lambung.

Untuk mengobati asam lambung dapat dilakukan dirumah melakukan berbagai perubahan gaya hidup. Mesikipun tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan esofagus akibat asam lambung, beberapa jenis bahan alami diatas mungkin bisa membantu meredakan gejala. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung dapat anda dapatkan secara bebas diapotek. Namun apabila gejala tidak kunjung membaik, lebih baik anda untuk konsultasikan dengan dokter supaya dapat penanganan lebih lanjut.






Cara Mengobati Asam Lambung Di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment