Hati-hati Merokok Bisa Bikin Asam Lambung Meningkat

Berikut Efek Merokok Bagi Lambung

Seperti yang sudah kita hetahui, merokok identik dengan masalah pernapasan atau paru-paru. Namun, tidak banyak yang menyadri bahwa kebiasan buruk tersebut bisa merusak lambung. Selain itu kebiasan merokok telah menyebabkan sekitar 6 juta penduduk dunia meninggal setiap tahunya. Lebih dari 5 juta jiwa meninggal akibat dampak langsung yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok, sementar sisanya meninggal karena terkena asap rokok atau menjadi perokok pasif. Merokok menimbulkan banyak dampak buruk bagi tubuh, salah satu organ yang mengalami dampaknya adalah sistem pencernaan.


Apa Saja Efek Rokok Pada Sistem Pencernaan?

1. Sering Mengalami Gangguan Asam Lambung

Asam lambung adalah sebuah kondisi dimana kita merasa sensasi perih dan panas di dada. Kondisi ini diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke bagian esofagus, bagian dari tenggorokan.
Sebenarnya, diantara esofagus dengan lambung, terdapat katup yang berfungsi untuk mencegah asam lambung dan makanan yang sudah masuk ke lambung kemabli naik ke atas, disebut dengan spinchter. Namun pada orang yang terbiasa merokok, otot-otot spinchter menjadi melemah sehingga mengakibatkan asam lambung kembali naik.

2. Menyebabkan Luka Pada Lambung

Tukak lambung ialah dampak merokok yang ditandai dengan timbulnya luka pada bagian lambung dan usus kecil. Luka ini menyebabkan seseorang mengalami rasa nyeri yang parah. Kondisi ini akan berkurang atau bahkan menghilangkan jika anda berhenti merokok.
Karena kebiasan merokok bisa menyebabkan aliran darah ke dinding-dinding lambung dan usus menurun. Hal ini mengakibatkan timbulnya peradangan dan luka. Selain itu, para ahli menyebutkan bahwa kebiasan merokok meningkatkan jumlah bakteri Helicobacter pylori (H.pylori), yaitu bakteri yang menjadi penyebab infeksi serta peradangan pada usus kecil dan lambung.

Selain itu bahaya merokok lebih identik dengan masalah pada paru-paru, namun ternyata rokok juga bisa merusak sistem pencernaan dan lambung. Lambung merupakan salah satu organ sistem pencernaan yang penting bagi kesehatan manusia. Kadar nikotin dalam tembakau antara 1%-4%. Jadi dalam satu batang rokok terdapat sekitar 1,1 mg nikotin. Selain mengandung nikotin, rokok tembakau juga mengandung zat-zat organik lain dan berbagai bahan tambahan (zat aditif).

Rokok juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tidak hanya yang berhubungan dengan saluran pernafasan saja dan bahkan lebih berbahaya, seperti kanker lidah, kanker usus besar, kanker paru atau kanker pankreas. Rokok juga bisa menyebabkan serangan stroke ringan, jantung, bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Perokok sering merasa begah, atau cepat kenyang dan kembung. Karena Rokok juga menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan atau refluks yang mencetuskan penyakit GERD. Racun yang keras dari rokok mampu mengikis lapisan perut dan tidak memungkinkan enzim pencernaan berfungsi dengan baik. Sehingga perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.

Faktor-faktor yang berperan dalam proteksi mukosa di antaranya lapisan mukus mukosa lambung, bikarbonat, lapisan hidrofobik, aliran darah mukosa dan prostaglandin. Bikarbonat sendiri diproduksi secara alami dalam jumlah kecil oleh permukaan seln epitel. Semntara lapisan hidrofobik merupakan lapisan fofolipid yang berfungsi mencegah masuknya asam ke dalam sel epitel. Seluruh faktor defensif ini bisa mengalami penurunan, apalagi kemudian dibarengi dengan peningkatan faktor agresif seperti stres, asam lambung, pepsin dan bakteri Helicobacteri pylor, maka lapisan mukus akan menipis dan semakin memperbesar risiko seseorang untuk mengalami gastritis. Dengan menjauhi stres, menjalani gaya hidup sehat, mengurangi konsumsi minuman berakohol, dan berhenti merokok, maka kebiasaan-kebiasaan tersebut membantu menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan kita.

Selain Itu Masih Ada Gangguan Pencernaan Lainya Seperti:

1. Gangguan Pada Hati

Hati adalah organ yang berfungsi untuk menyaring darah dan memisahkan zat yang masih diperlukan oleh tubuh dan mana yang termasuk racun. Namun ketika merokok, kemampuan hati untuk menyaring racun dari darah menurun, karena racun yang di dalam rokok terlalu banyak dan kemudian terkumpul menjadi banyak jika anda sering merokok. Apalagi jika kebiasaan merokok ini disertari dengan kebiasaan mengonsumsi alkohol, dapat diperkirakan bhwa masalah pada hati anda akan semakin bertambah buruk. Gangguan hati yang ditimbulkan dari kebiasan merokok adalah sirosis dan kanker hati.

2. Terbentuk Batu Empedu

Beberapa penelitan menunjukan bahawa batu empedu bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Batu empedu terbentuk dati cairan empedu yang mengeras menjadi batu. Ukuran dari batu empedu yang terbentuk pada setiap individu berbeda-beda

3. Memperbesar peluang untuk mengalami radang pankreas

Pangkreas adalah organ yang berada dibagian belakang perut dan dekat dengan ussu dua belas jari. Organ ini berperan dalam mengatur kadar gula darah dan metabolisme beberapa zat gizi. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan peluang seseorang untuk mengalami peradangan pada pankreas atau pangkreasitis

4. Kanker Pada Berbagai Organ Di Sistem Pencernaan

Sel kanker dapat tumbuh dan berkembang dimana saja dan kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko dari kanker. Pada sistem pencernaan, kebiasaan merokok dapat mengakibatkan kanker tumbuh pada mulut, pita suara, esofagus, hati, usus, lambung, pankreas, dan rektum.

Mungkin itu penjelasan singakt tentang efek merokok bisa bikin asam lambung naik dan bisa menjadikan masalah di pencernaan. Namun yang jelas, dengan berhenti merokok gejala dan masalah yang timbul pada sistem pencernaan akan berkurnag dan sebaliknya. Jadi semakin sering anda merokok maka gangguan yang timbul akan semakin buruk.

Hati-hati Merokok Bisa Bikin Asam Lambung Meningkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment