Manfaat Singkong Bisa Mengatasi Asam Lambung

Kira-kira apa saja manfaat singkong untuk Asam Lambung? Yuk, kita simak ulasanya berikut ini.



Ketela pohon atau yang terkenal dengan nama singkong ini adalah pohon tahunan tropika dan subtopika dari keluarga Euphorbiceae serta memiliki nama latin yaitu Manihit Utilissima. Singkong juga salah satu makanan yang cukup dikenal oleh masyarakat. Namun tahukan bahwa singkong ternyata bukan berasal dari indonesia?
Singkong ternyata asalanya dari Praguay dan Brazil. Para bangsa Portugislah yang awal membawa dan memperkenalkan singkong ke indonesia dan pada sejak tahun 1810-an singkong mulai ditanam secara resmi di tanah indonesia.

Dalam perkembangan zaman kepopuleran singkong sempat meredup bahkan dianggap sebagai makanan kampung. Namun untuk sekarang ini singkong mulai kembali populer karena singkong dapat diolah secara kreatif sehingga tidak ada yang menganggap singkong sekarang makanan kampung. Karena selain itu singkong juga diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai penyakit terutama pnyakit asam lambung tinggi.

Berikut Kandungan Nutrisi Dalam Singkong

Dengan khasiat yang luar biasa, tentunya tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Singkong merupakan sumber energi karena kaya akan karbohidratnya. Namunm singkong juga memiliki protein yang cukup sedikit justru kandungan protein terbesar terdapat pada daunnya. Berikut kandungan yang terdapat pada singkong:



Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada singkong, dengan kandungannya yang cukup tinggi membuat orang percaya akan khasiatnya dari singkong ini. Selain itu , kandunganya tersebut banyak orang menjadikan singkong sebagai Obat alternatif untuk asam lambung. Meskipun belum ada penelitan pasti megenai khasiat singkong untuk asam lambung, namun sebagai prang mempercayai bahwa mengkonsumsi singkong secara rutin dan teratur mampu membantu mengatasi penyakit asam lambung. 

Singkong juga diketahui mampu untuk menetralkan asam lambung yang sedang naik. Selain itu, tanaman ini juga mengandung senyawa yang dapat memberikan efek baik pada tubuh. Namun ternyata mengatasi asam lambung dengan singkong dipercaya lebih efektif dari pada mengatasinya dengan obat-obatan kimia lainnya. Namun singkong harus diolah dengan benar, jika salah dalam mengkonsumsi dan cara pengolahannya justru singkong akan memicu timbulnya gejala asam lambung naik. Jadi untuk mengolahnya disarankan dengan merebusnya ditambahkan sedikit garam. Setelah itu konsumsilah singkong rebus minimal tiga kali sehari untuk mengobati penyakit asam lambung, tapai ingat jangan mengkonsumsi singkong yang digoreng, dibakar atau dalam bentuk lainya kecuali direbus. Biasanya pada pagi hari, penderita asam lambung akan merasakan nyeri pada uluh hati disertai dengan mual, jadi dengan konsumsi rebusan singkong bisa untuk meredakan keluahan.

Berikut Resep Makanan Untuk Membuat Singkong Rebus

Siapkan Bahan-bahan

  • 1/2 kg singkong
  • 1 liter air
  • 1 sdt merica
  • 1 batang daun bawang 
  • 2 siung bawang putih
  • Gram secukupnya
  • Gula secukupnya
Cara Membuatnya:
  1. Kupas singkong, kemudian potong kecil-kecil lalu cincang hingga bersih
  2. Hancurkan bawang putih hingga halus lalu tumis sampai harum
  3. Tambahkan air dan tunggu hingga mendidih
  4. Masukkan singkong dan masakan hingga empuk
  5. Tambahkan garam, gula, merica dan daun bawang
  6. Setelah itu, sajikan sop singkong ke dalam mangkuk dan santap selagi hangat
  7. Apabila kuah ingin sedikit mengental, masak hingga air surut. Apabila kuah ingin bening rebus singkong terlebih dahulu setelah itu masukkan ke dalam air bumbu.
Mnungkin itulah salah satu resep yang mungkin bisa anda aplikasikan dirumah dan digunakan untuk penderita asam lambung. Semoga dengan adanya informasi ini, bagi penderita asam lambung dapat menemukan pnegobatan alternatif lain yang pastinya tidak bosan untuk mengkonsumsi singkong rebus. Sekian penjelasan mengenai manfaat singkong untuk penderita asam lambung, semoga apa yang telah disampaikan bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih.










Manfaat Singkong Bisa Mengatasi Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment